Pages

Jumat, 28 Oktober 2011

budaya karakter bangsa

Presentasi Budaya dan Karakter di SMAn 1 Wanasalam
  Budaya diartikan sebagai keseluruhan sistem berpikir, nilai, moral, norma dan keyakinan (belief) manusia yang dihasilkan masyarakat.
  Karakter adalah watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang  terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakininya dan digunakannya sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak.
  PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA ADALAH PENDIDIKAN YANG  MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA PADA DIRI PESERTA DIDIK SEHINGGA MEREKA MEMILIKI DAN MENERAPKAN NILAI-NILAI TERSEBUT DALAM KEHIDUPAN DIRINYA, SEBAGAI ANGGOTA MASYARAKAT, DAN WARGANEGARA  YANG RELIGIUS, NASIONALIS, PRODUKTIF, DAN KREATIF.
  SECARA PROGRAMATIK, PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA ADALAH USAHA BERSAMA SEMUA GURU DAN PIMPINAN SEKOLAH, MELALUI SEMUA MATA PELAJARAN DAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBINA DAN MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA PADA PESERTA DIDIK. PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN ITU TERJADI MELALUI PROSES AKTIF PESERTA DIDIK DALAM BELAJAR.
  SECARA TEKNIS, PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA DIARTIKAN SEBAGAI PROSES INTERNALISASI SERTA PENGHAYATAN NILAI-NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA YANG DILAKUKAN PESERTA DIDIK SECARA AKTIF DIBAWAH BIMBINGAN GURU, KEPALA SEKOLAH DAN TENAGA KEPENDIDIKAN SERTA DIWUJUDKAN DALAM KEHIDUPANNYA DI KELAS, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT.







PRINSIP DAN PENDEKATAN
  DIRENCANAKAN BERSAMA
  Berkelanjutan
  MELALUI SEMUA MATA PELAJARAN,MUATAN LOKAL, KEPRIBADIAN, DAN BUDAYA SEKOLAH   
  Nilai tidak diajarkan tapi dikembangkan
  dilakukan peserta didik secara aktif.












ALTERNATIF KARAKTER DAN BUDAYA YANG DIPILIH
No.
Alternatif Karakter dan Budaya yang Dipilih
Alasan
Keterangan
1
Disiplin

Indikator Awal
2


Indikator Awal
3


Indikator Awal
4
Religius


5
Jujur


6
Toleransi


7
Kerja Keras


8
Kreatif


9
Mandiri


10
Demokratis


11
Rasa Ingin Tahun


12
Semangat Kebangsaan


13
Cinta Tanah Air


14
Menghargai Prestasi


15
Bersahabat/Komunikatif


16
Cinta Damai


17
Gemar Membaca


18
Peduli Lingkungan


19
Peduli Sosial


20
Rasa Tanggung Jawab






ANALISIS PENGEMBANGAN KARAKTER
No.
Alternatif Karakter dan Budaya yang Dipilih
KAJIAN PENCAPAIAN
STRENGHT
WEAKNESS
OPURTUNITY
TREATHMEN




1
Bersih dan Nyaman




2
Disiplin




3
Sopan




4
Religius




5
Jujur




6
Toleransi




7
Kerja Keras




8
Kreatif




9
Mandiri




10
Demokratis




11
Rasa Ingin Tahun




12
Semangat Kebangsaan




13
Cinta Tanah Air




14
Menghargai Prestasi




15
Bersahabat/Komunikatif




16
Cinta Damai




17
Gemar Membaca




18
Peduli Lingkungan




19
Peduli Sosial




20
Rasa Tanggung Jawab













PENGEMBANGAN INDIKATOR PENCAPAIAN
No.
Alternatif Karakter dan Budaya yang Dipilih
Indikator Kelas
Indikator Sekolah
1
Bersih dan Nyaman
-          Ruangan kelas selalau bersih.
-          Tersedia peralatan kebersihan kelas yang memadai.
-          Tanaman di halaman kelas terpelihara dan menimbulkan rasa sejuk.
-          Pot bunga di depan kelas terpelihara dan menimbulkan rasa sejuk.
-    Tersedia toilet yang selalu bersih dan tersedia air dan fasilitasnya
-    Bak sampah tersedia di tempat2 yg semestinya
-    Tanaman di halaman terpelihara dan menimbulkan rasa sejuk
2
Disiplin
  • Membiasakan hadir tepat waktu

  • Memiliki catatan kehadiran
  • Tenaga kependidikan dan peserta didik datang tepat waktu dan pembelajaran berlangsung dengan baik
  • Aturan yang sudah disetujui oleh warga sekolah harus dilaksakan dengan baik
  • Memberikan penghargaan kepada warga sekolah yang disiplin
3
Sopan


4
Religius


5
Jujur


6
Toleransi


7
Kerja Keras


8
Kreatif


9
Mandiri


10
Demokratis


11
Rasa Ingin Tahun
-    Guru terbiasa menyampaikan pertanyaan pada siswa dengan pertanyaan tingkat tinggi.

12
Semangat Kebangsaan


13
Cinta Tanah Air


14
Menghargai Prestasi


15
Bersahabat/Komunikatif


16
Cinta Damai


17
Gemar Membaca


18
Peduli Lingkungan


19
Peduli Sosial


20
Rasa Tanggung Jawab




















STRATEGI PENGEMBANGAN
No.
Alternatif Karakter dan Budaya yang Dipilih
Pengembangan Dokumen KTSP
Pengembangan Diri
Integrasi dalam Mata Pelajaran
Muatan Lokal
Budaya Sekolah
Penciptaan dan Pengembangan Daya Dukung

Kegiatan Ekstrakurikuler
Bimbingan dan Konseling
Kegiatan Terprogram
Kegiatan Rutin
Kegiatan Spontan
Kegiatan Teladan

1
Bersih dan Nyaman




Piket Kelas

·     Performa guru
·     Mengambil sampah yang berserakan



·  Penyedianbak sampah

2
Disiplin












3
Sopan












4
Religius




·     Berdoa sebelum dan sesudah belajar
·  Shalat dhuhur berjamaah







5
Jujur












6
Toleransi












7
Kerja Keras












8
Kreatif












9
Mandiri












10
Demokratis












11
Rasa Ingin Tahun












12
Semangat Kebangsaan












13
Cinta Tanah Air












14
Menghargai Prestasi












15
Bersahabat/
Komunikatif





·  Salaman sebelum masuk kelas
·  Memberi dan menjawab salam
·  Meminta maaf
·  Berterima kasih
·  Mengucapkan terima kasih
·  Meminta maaf





16
Cinta Damai












17
Gemar Membaca












18
Peduli Lingkungan












19
Peduli Sosial












20
Rasa Tanggung Jawab















































PROGRAM SEKOLAH PENGEMBANGAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
No.
Uraian Kegiatan
Pelaksanaan

Kete
rangan
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni






































































































PROGRAM SEKOLAH PENGEMBANGAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
SELAMA DUA MINGGU
No.
Uraian Kegiatan
Pelaksanaan

Keterangan













Disiplin
1.    Datang Tepat Waktu
a.    Salaman di awal pelajaran
































































































Nama Peserta Didik : …………………….                 Kelas/Semester : X/1
Nomor Induk           : …………………….                 Tahun Pelajaran: ……….…
Nama Sekolah                   : SMAN 1 WANASALAM

Ketercapaian Kompetensi Peserta Didik

 


No
Komponen
Ketercapaian Kompetensi
A
Mata Pelajaran

1
Pendidikan Agama

2
Pendidikan Kewarganegaraan

3
Bahasa Indonesia

4
Bahasa Inggris

5
Matematika

6
Fisika

7
Biologi

8
Kimia

9
Sejarah

10
Geografi

11
Ekonomi

12
Sosiologi

13
Seni Budaya

14
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

15
Teknologi Informasi dan Komunikasi

16
Keterampilan/ Bahasa Asing *)
........................................

B
Muatan Lokal **)
.........................................

*) Diisi dengan Keterampilan/Bahasa Asing yang diikuti peserta didik
**) Diisi dengan jenis program muatan lokal yang diikuti peserta didik


Nama Peserta Didik : …………………….                 Kelas/Semester : X/1
Nomor Induk           : …………………….                 Tahun Pelajaran: ……….…
Nama Sekolah                   : SMAN 1 WANASALAM                                  

 

Pengembangan Diri




No
Jenis Kegiatan

Keterangan

A
Kegiatan Ekstrakurikuler













B
Keikutsertaan dalam Organisasi/ Kegiatan di Sekolah






















Akhlak Mulia dan Kepribadian


No
Aspek Yang Dinilai
Keterangan
1.
Kedisiplinan

2.
Kebersihan

3.
Kesehatan

4.
Tanggungjawab

5.
Sopan santun

6.
Percaya diri

7.
Kompetitif

8.
Hubungan social

9.
Kejujuran

10.
Pelaksanaan ibadah ritual


 

 

Ketidakhadiran




No
Alasan Ketidakhadiran

Keterangan

1
Sakit

2
Izin

3
Tanpa Keterangan




   Catatan Wali Kelas:          


  


                                 
                                ...............................
Orang Tua/ Wali
Peserta Didik                                       Wali Kelas                 Kepala Sekolah                   



…………………….........               …………………..........      ………………………......














Catatan Prestasi Yang Telah Dicapai
(Dibuat untuk melengkapi penilaian Pengembangan Diri)

Nama Peserta Didik           : …………………….                    Kelas/Semester  :......../..........
Nomor Induk           : …………………….                   Tahun Pelajaran : ……….…
Nama Sekolah                   : SMAN 1 WANASALAM         Program            : ..............


No

Kegiatan Yang Diikuti

Bukti Sertifikat / Piagam / Trophy Yang diperoleh (Sebutkan)

1

Ekstrakurikuler

1.........................................................
2.........................................................
3.........................................................
4.........................................................
5.........................................................
6.........................................................
7.........................................................

2

Keikutsertaan Dalam Organisasi Sekolah/Kegiatan Sekolah

1.........................................................
2.........................................................
3.........................................................
4.........................................................
5.........................................................
6.........................................................
7.........................................................

3

Catatan Khusus Lainnya

1.........................................................
2.........................................................
3.........................................................
4.........................................................
5.........................................................
6.........................................................
7.........................................................



REVISI DOKUMEN KTSP

PENYUSUNAN PROGRAM SEKOLAH

PENYUSUNAN RKAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar